Friday, July 10, 2020

Al Khwarizmi, Bapak Aljabar

Sumber : kompasiana.com


    Ia adalah inspirasi bagi banyak kalangan, terutama mereka yang menekuni matematika.

 Kisah ilmuwan Muslim yang lahir sekitar pertengahan abad ke-9 ini menjadi pusat perhatian dunia dalam berbagai disiplin ilmu.salah satu tokoh Islam yang terkenal memiliki pengetahuan yang luas. Tak hanya di bidang syariat, namun juga  matematikaastronomiastrologi, dan geografi.
    Lahir sekitar tahun 780 di Khwārizm (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 di Baghdad. Hampir sepanjang hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di Sekolah Kehormatan di Baghdad yang didirikan oleh Khalifah Bani Abbasiyah Al-Ma'mun, tempat ia belajar ilmu alam dan matematik, termasuk mempelajari terjemahan manuskrip Sanskerta dan Yunani.
    Ia adalah Muhammad Ibn Musa Al khawarizmi atau lebih dikenal dengan nama Al-Khawarizmi. Lewat karyanya al-Jabr wa al-Muqobalah,  dunia ilmu pengetahuan memberi ia gelar “Bapak Aljabar”.

Sumber : utakatikotak.com

      Karya Al-Khawarizmi dalam bidang ilmu pengetahuan sangat banyak diantaranya Penemu Angka Nol, Jasa Ilmu Faraid, Astrolabe yang mana berhasil menyusun ratusan tabel tentang bintang, membuat sebuah tulisan dalam bidang geografi dengan judul Kitab Surat Al Ardh yang berarti pemandangan bumi berisi tentang daftar lintang serta bujur berbagai kota serta letak lokasinya, dan Penemu Istilah Algoritma . Hal ini karena ia adalah salah satu tokoh ilmuwan Islam yang sangat diakui kejeniusannya. Selain itu pada masanya ia juga didukung oleh Dinasti Al-Ma’mun yang sangat mencintai ilmu-ilmu pengetahuan. Ia lahir dan besar di masa yang tepat.

No comments:

Post a Comment